Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan ,ahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan dalam mencari turunan dan integral fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada siklus pertama, model pembelajaran kooperatif tipe STAD digunakan sebagai strategi pemeblajaran. Sedangkan di siklus kedua, model STAD tetap digunakan tetapi dilengkapi dengan metode drill yang disisipkan dalam permainan Bingo. Metode pengambilan data adalah dengan dokumentasi, observasi, tes, dan kuesioner. Sebelum dimulau penelitian, mahasiswa dites kemampuan awalnya dalam hal mencari turunan dan integral fungsi. Rata-rata skor kemampuan awal adalah 22,66. Pada akhir siklus pertama, mahasiswa dites lagi dan mendapatkan rata-rata skor 57,27. Sedangkan tes pada akhir siklus kedua menunjukkan rata-rata skor sebesar 80,75. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mencari turunan dan integral sungsi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017