Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektivitas program pendidikan nonformal pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan strategi sensus yang melibatkan 36 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang berbentuk Skala Likert. Uji validitas kuesioner menggunakan korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Fasilitas pengolahan data yang digunakan adalah SPSS versi 24. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif rata-rata hitung dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas program pendidikan nonformal berada pada kategori sedang, dengan rata-rata skor sebesar 3,58 pada 5 poin skala Likert atau 71,67% dari skor ideal yang dimaknai bahwa dimensi-dimensi efektivitas program belum seluruhnya sesuai dengan yang diharapkan dalam pengajuan program tersebut. Kata-kata Kunci: Efektivitas Program, Pendidikan Non Formal, Pencapaian hasil.
Copyrights © 2018