Jurnal Isema : Islamic Educational Management
Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Islamic Educational Managament

MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH EFEKTIF PADA SEKOLAH INKLUSIF

Siti Aisyah (Unknown)
Badrudin Badrudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2019

Abstract

Kepala sekolah merupakan agen perubahan yang mempunyai peranan aktif dalam peningkatan mutu pendidikan di SMP Al-Biruni Cerdas Mulia Bandung indikator kepemimpinan kepala sekolah efektif bertolak pada pemikiran bahwa kepala sekolah efektif secara umum dapat diamati dari tiga hal pokok, yaitu (1) komitmen terhadap visi sekolah dalam menjalankan tugas dan fungsinya; (2) menjadikan visi sekolah sebagai pedoman dalam mengelola dan memimpin sekolah, dan 3) senantiasa memfokuskan kegiatannya terhadap pembelajaran dan kinerja guru dikelas. Implementasinya dari indikator kepemimpinaan kepala sekolah efektif  dalam rencana pengembangan sekolah dengan peran kepala sekolah yang terus mengembangkan visi yang jelas untuk masa yang akan datang, pengelolaan sekolah efektif dengan mengoptimalkan pengelolaan input, proses, dan output, evaluasi yang dilakukan secara continue langsung dilakukan oleh kepala sekolah untuk mengambil keputusan, faktor penunjang yaitu kekuatan Sumber Daya Manusia yang terus dioptimalkan dengan baik, faktor penghambat yaitu presepsi orang tua dan kebijakaan dari luar, keberhasilan yang dicapai manajemen kepemimpinan kepala sekolah efektif di SMP Al-Biruni Cerdas Mulia Bandung dilihat dari tercapainya program kerja dan salah satunya bisa dilihat dari prestasi atau kualitas guru dan peserta didik.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

isema

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL IsEMa (Islamic Educational Management) ialah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Laboratorium Jurusan/Prodi S1 Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal ini memfokuskan diri pada kajian ilmu manajemen pendidikan Islam. ...