Hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Sota, menunjukkan bahwa self-efficacy siswa masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan kurangnya interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran yang berpengaruh pada hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan self-efficacy siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualitazion (TAI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang pelaksanaanya bersiklus dan terdiri dari empat tahap yaitu: perencanan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan rerata hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 18 dan pada akhir siklus I yaitu 25. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II rerata hasil belajar siswa meningkat menjadi 66,23. Melalui data angket yang dibagikan pada akhir siklus I dan II diketahui terjadi peningkatan self-efficacy siswa sebesar 27,8%.
Copyrights © 2017