Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana minat beli wisatawan terhada rodu khas Kalimantan Timur khussnya produk makanan amplang ikan pipih. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil karya sumber daya manusia dalam mengolah produk khas Kalimantan Timur dalam meingkatkan perekonomian. Teknik analisis yang digunakan adalah Stuctural Equation Model (SEM) dengan AMOS 21. Data diambil kuesioner yang di distribusikan kepada wisatawan yang sedang melakukan wisata belanja produk khas Kalimantan Timur dikota Samarinda, Balikpapan dan Bontang. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel minat berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ekonomi dapat disimpulkan harga yang ditawarkan tidak menjadi halangan untuk wisatwan membeli produk tersebut. Hasil penelitian ua menunjukan bahwa jenis produk, demografi, psikologi berpengaruh positif terhadap minat beli wisatawan.
Copyrights © 2019