BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Vol. 4 No. 01 (2018): Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan

MODEL PEMBELAJARAN PEER TEACHING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

Iyan Nurdiyan Haris (PJKR FKIP Universitas Subang)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2018

Abstract

Pendidikan jasmani merupakan program dari bagian pendidikan umum yang memberi kontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh yaitu fisik, gerak, mental, dan sosial. Di dalam pengembangan nilai-nilai sosial seorang guru penjas dituntut untuk dapat memilih dan menggunakan strategi atau teknik pembelajaran yang tepat dan efisien dengan maksud dan tujuan agar aktivitas pembelajaran pendidikan jasmani dapat tercapai dengan optimal. Strategi pembelajaran yang efektif dapat dilakukan dengan berbagai cara dan salah satunya yakni dengan cara berusaha melibatkan siswa secara aktif, kreatif dan menyenangkan, agar siswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Sesuai amanat Kurikulum 2013 yang mengharuskan keterlibatan siswa secara aktif atau pada proses pembelajarannya berpusat pada siswa (student centered). Salah satu model pembelajaran yang dapat mengakomodir kebutuhan siswa adalah model pembelajaran tutor sebaya atau peer teaching. Sudah banyak hasil penelitian yang menyatakan bahwa model pembelajaran peer teaching dapat meningkatkan bukan hanya hasil belajar (psikomotor) siswa tetapi juga afektif dan kognitif siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

FKIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

BIORMATIKA adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Ruang lingkup jurnal ini meliputi bidang Ilmu Pendidikan Matematika, Pedidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Reksreasi serta bidang ilmu pendidikan lainnya. ...