Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penumbuhan budi pekerti melalui budaya sekolah di SMA N 5 Kupang, juga mengetahui bagaimana upaya sekolah dalam menumbuhkan budaya sekolah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan secara interaktif model Miles dan Hubberman. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sekolah SMA N 5 Kupang telah melakukan upaya penumbuhan budi pekerti, penumbuhan budi pekerti dilakukan melalui penguatan budaya sekolah. Adapun jenis pembiasaan yang dilakukan di sekolah antara laian melalui kegiatan 5 S (senyum, sapa, salam, sopan, dan santun), civitas akademika sekolah bergaul secara ramah dan santun, membiasakan ibadah bersama (sesuai agama), internalisasi dalam kegiatan belajar mengajar, pendisiplinan peserta didik dan guru, dan adanya anjuran untuk menjaga 7 K (Kebersihan, Keamanan, Ketertiban, Keindahan, Kerindangan, Kerapihan dan Kekeluargaan).
Copyrights © 2019