Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar
Vol 4 No 2 (2019): The Journal of Innovation in Elementary Education

Hubungan Antara Partisipasi Aktif dan Kemampuan Metakognitif Siswa Sekolah Dasar Melalui Metode Pembelajaran Montessori

Janah, Widia Nur (Unknown)
Susilawati, Susilawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2019

Abstract

Metakognitif adalah kemampuan siswa dalam proses melakukan (aktivitas) dan berpikir (proses mental). Kemampuan ini dapat meningkatkan proses pembelajaran dan memori siswa. Siswa yang memiliki kemampuan metakognitif dapat mengontrol dan mengatur aktivitas pembelajaran dengan sendirinya. Partisipasi aktif adalah interaksi secara fisik dan psikologi siswa untuk berpikir, berinteraksi, mencoba, dan menemukan hal-hal baru dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan hubungan antara partisipasi aktif dan kemampuan metakognitif siswa khususnya siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri 3 Klangenan Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Variabel-variabel penelitian ini adalah partisipasi aktif dan kemampuan kognitif. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan tes tertulis. Instrumen untuk mengukur partisipasi aktif siswa menggunakan lembar observasi dan instrumen untuk mengukur kemampuan metakognitif menggunakan tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal.  Data dianalisis dengan teknik korelasi menggunakan bantuan IBM SPSS 16.0 untuk windows. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai r hitung sebesar 0,682.  Pada taraf signifikansi 5% diperoleh  sebesar 0,413. Berdasarkan nilai  dan  diketahui bahwa  sehingga hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pastisipasi aktif dan kemampuan metakognitif siswa kelas 5 SD Negeri 3 Klangenan.  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar (JIPD) or The Journal of Innovation in Elementary Education is an international, open access, multidisciplinary, peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. JIPD publishes peer-reviewed articles that pertain to both education theory and ...