Motivasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas III di SDN Taman Baru, SDN Banjarmasin, dan SDN Gedong Harta tergolong rendah sehingga mengakibatkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Hal ini, diduga karena bahasa Indonesia dianggap sebagai pelajaran yang mudah tetapi membosankan sehingga siswa tidak termotivasi untuk mendengarkan penjelasan guru. Salah satu media pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa kelas III di ketiga SD tersebut adalah Media Gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan media gambar terhadap pembelajaran bahasa Indonesia kelas III SD Negeri di Penengahan, Lampung Selatan. Pemecahan masalah dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang menerapkan konsep KTSP . Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan media gambar lebih efektif jika dikombinasikan dengan metode pembelajaran lain.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2012