JURNAL SINEKTIK
Vol 2, No 1 (2019): Jurnal-Sinektik:Juni-2019

ANALISIS KESULITAN BELAJAR TEMATIK INTEGRATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN 1 SURUH TAHUN PELAJARAN

Ulfah, Sartika Maria (Unknown)
Trisiana, Anita (Unknown)
Widyaningrum, Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2019

Abstract

Berdasarkan observasi di SDN 1 Suruh Kecamatan Tasikmadu ditemukan terdapat kesulitan belajar tematik integratif yang dialami oleh peserta didik kelas 5. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik dan memberikan solusi untuk mengatasi kesulitan belajar tematik integratif peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitan belajar siswa kelas 5 SDN 1 Suruh berada pada kategori sedang, berarti hanya mengalami kesulitan pada materi-materi tertentu dan dapat diatasi dengan pendalaman materi-materi tersebut. Sedangkan kesulitan dalam pembelajaran tematik integratif khususnya dalam menulis dan menghitung. Faktor-faktor internal yang mempengaruhi meliputi: motivasi atau cita-cita, kebiasaan belajar, dan sikap atau perilaku, dan faktor eksternal: lingkungan keluarga dan lingkungan Sekolah. Solusi yang diberikan : membuat kelompok belajar dengan tutor sebaya maupun dengan guru sebagai fasilitator dan pembimbing, memberikan tambahan pelajaran, memberikan motivasi juga nasehat, dan memberikan trik-trik menghitung cepat yang menyenangkan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sin

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Sinektik published by Elementary School Teacher and Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Slamet Riyadi. This Journal aimed as media communications and informations around teaching practice and elementary education implementations from various aspect. ...