JURNAL SINEKTIK
Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Sinektik:Desember-2018

PENGARUH PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA PADA CANDI CETHO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Wahyuni, Sri (Unknown)
Koesdyantho, A.R. (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran etnomatematika pada Candi Cetho terhadap kemampuan berpikir kritis bangun datar kelas IV SD N Prawit 1 No.69 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bentuk pre-eksperimen design. Populasi penelitian adalah  peserta didik kelas IV yang berjumlah 35 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data adalah paired simple t-test. Berdasarkan hasil analisis data nilai korelasi sebesar 0,076 berarti kedua variabel memiliki hubungan kuat. Kemudian, nilai signifikansi dibandingkan dengan 0,05 (0,000 < 0,05) disimpulkan Ho ditolak atau Ha diterima. Jadi hipotesis yang menyatakan “Ada Pengaruh Pembelajaran Etnomatematika Pada Candi Cetho Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV SD N Prawit 1 No.69 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018” terbukti kebenarannya dapat diterima. Sedangkan hasil korelasi N Gain  didapat 0,60 (sedang) yang berarti treatment yang diberikan efektif.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sin

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Sinektik published by Elementary School Teacher and Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Slamet Riyadi. This Journal aimed as media communications and informations around teaching practice and elementary education implementations from various aspect. ...