JURNAL SINEKTIK
Vol 2, No 1 (2019): Jurnal-Sinektik:Juni-2019

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV

Octova, Gifkar Ika (Unknown)
Roshayanti, Fenny (Unknown)
Baedowi, Sunan (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantu  media animasi interaktif  terhadap hasil belajar siswa kelas IV Tema 7 Subtema 1 Keberagaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku SD Negeri 01 Medono Pekalongan.Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, metode eksperimen, desain Quasi-Experiment dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group. Hasil perhitungan uji hipotesis didapatkan thitung (2,457) > ttabel (2,015) dengan koefisien signifikansi pada taraf 5% maka Ha diterima dan H0 ditolak, maka dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran PBL berbantu media animasi interaktif. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 80,78 dari kelas kontrol yaitu 73,65. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 87% dan mencapai kriteria berhasil sedangkan ketuntasan belajar klasikal kelas kontrol yaitu 52% dan tidak mencapai kriteria.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sin

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Sinektik published by Elementary School Teacher and Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Slamet Riyadi. This Journal aimed as media communications and informations around teaching practice and elementary education implementations from various aspect. ...