JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 7 No 2 (2019): Vol.7.No.2.2019

MEMBANGUN TINGKAH LAKU ASERTIF MELALUI PENGEMBANGAN MODUL TEKNIK SOMA UNTUK MENCEGAH DAN MENGATASI BULLYING

Heri Wahyu Rejeki (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Rufi’i . (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
M. Subandowo (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beredarnya video viral bullying di dunia maya yang melibatkan siswa SMPN 3 Taman Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa modul teknik soma untuk membangun perilaku asertif siswa sehingga mampu mencegah dan mengatasi bullying. Teknik soma adalah singkatan dari teknik sosiodrama. Metode penelitian ini diadaptasi dari model Dick and Carey (2009) yang dilakukan sampai pada tahap ke-9 sedangkan tahap ke-10 evaluasi tidak dilakukan dengan beberapa pertimbangan. Subyek penelitian ini melibatkan ahli meteri, ahli desain media, 2 guru BK dan 10 siswa kelas VIII SMPN 3 Taman Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tanggapan yang kemudian dianalisis pada aspek isi dan prosentasenya. Hasil penelitian ditinjau dari isi materi memperoleh rata-rata 78,5 % kategori baik, ditinjau dari desain media pembelajaran memperoleh rata-rata 88,9% kategori sangat baik, ditinjau dari penilaian guru BK memperoleh rata-rata 89% kategori sangat baik, dan ditinjau dari respons siswa memperoleh rata-rata 94,9% kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa produk modul teknik soma telah memenuhi kriteria sehingga dapat digunakan dalam layanan bimbingan konseling.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...