Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia
Vol 3, No 1 (2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA SISWA DI KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 TANJUNG BATU

Susilawati Susilawati (Universitas Sriwijaya)
Andi Suharman (Unknown)
Bety Lesmini (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2016

Abstract

Penelitian tindak kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep kimia siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tanjung Batu melalui penerapan model pembelajaran Students Facilitator And Explaining (SFAE). Penelitian ini dilaksanakan dlam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Data didapat melalui tes pemahaman konsep siswa yang dilaksakan setiap akhir siklus. Hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa sebelum tindakan adalah 50,20 dan 12,5%. Terjadi peningkatan pemahaman konsep siswa yang tercermin dari peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian rata-rata skor hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesarĀ  62,24 dengan ketuntasan belaajar siswa 20,83%. Pada siklus 2 (T2) rata-rata skor hasil belajar kimia siswa meningkat menjadi 74,84 dengan ketuntasan belajar siswa 58,33%. Pada siklus III (T3), rata-rata skor hasil belajar siswa meningkat menjadi 83,59 dengan ketuntasan belajar siswa 87,5%.

Copyrights © 2016