Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia
Vol 5, No 1 (2018)

PENGEMBANGAN DAN VALIDASI INSTRUMEN EVALUASI LITERASI LINGKUNGAN

Ratna Parwati (Unknown)
Anna Permanasari (Unknown)
Harry Firman (Unknown)
Tatang Suhery (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2019

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan tentang pengembangan instrumen evaluasi literasi lingkungan yang diujicobakan pada mahasiswa calon guru kimia. Instrumen ini dibuat dengan merujuk pada konsep literasi sains, yang terdiri dari kompetensi lingkungan, pengetahuan lingkungan, dan sikap terhadap lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dan validasi. Instrumen ini divalidasi konten oleh tujuh orang ahli dan diuji coba kepada 158 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 42% item dari instrumen tersebut dinyatakan layak oleh ahli, sedangkan 58% lainnya harus diperbaiki. Setelah dilakukan uji coba, instrumen evaluasi   literasi   lingkungan   memiliki  reliabilitas  sebesar   0,7,   yang  artinya acceptable untuk digunakan. Lebih rinci lagi ditemukan bahwa 12 dari 20 item soal esai telah layak digunakan untuk mengukur  kompetensi lingkungan  mahasiswa [reliabilitas, ? = 0,71]. Enam belas dari 24 item soal pilihan ganda telah layak digunakan untuk mengukur pengetahuan lingkungan mahasiswa [? = 0,71]. Lima belas dari 25 item pernyataan sikap telah layak digunakan untuk mengevaluasi sikap mahasiswa terhadap lingkungan [? = 0,78]. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen evaluasi literasi lingkungan layak digunakan. Instrumen evaluasi ini masih mungkin untuk diuji coba pada skala yang lebih besar agar tingkat kelayakannya dapat menjadi lebih baik.

Copyrights © 2018