Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKN
Vol 4, No 2 (2017): Bhineka Tunggal Ika : Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

PERSEPSI MASYARAKAT KELURAHAN TALANG UBI UTARA TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN E-KTP PASCA PEMEKARAN DAERAH KABUPATEN PALI

tami nopes (FKIP Universitas Sriwijaya)
Umi Chotimah (FKIP Universitas Sriwijaya)
sri artati waluyati (FKIP Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat Kelurahan Talang Ubi Utara terhadap pelayanan publik oleh pemerintah daerah dalam pembuatan E-KTP pasca pemekaran daerah Kabupaten PALI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat di RT 12 Kelurahan Talang Ubi Utara Kecamatan Talang Ubi yang dikelompokkan berdasarkan tingkat pendidikannya yang berjumlah 692 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Proportioned stratified random sampling serta menentukan jumlahnya dengan menggunakan penarikan sampel 10-20% dari populasi penelitian, yaitu berjumlah 87 orang terdiri dari tingkat pendidikan SD 18 orang, SMP 21 orang, SMA 25 orang dan perguruan tinggi 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Data yang di analisis menggunakan uji anova dan uji tukey. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan persepsi yang signifikan dari masyarakat yang berpendidikan tinggi, sedang dan rendah terhadap pelayanan publik oleh pemerintah daerah dalam pembuatan E-KTP pasca pemekaran daerah Kabupaten PALI di RT 12 Kelurahan Talang Ubi Utara Kecamatan Talang Ubi Persepsi masyarakat pada tingkat pendidikan SD dengan persentase 41.7%, SMP 56.8%, SMA 70.0%, serta pada tingkat perguruan tinggi 78.6%. Artinya semakin tinggi tingkat pendidikan, maka semakin tinggi pula nilai yang didapatkan. Kata kunci: Persepsi masyarakat, pelayanan publik dalam pembuatan E-KTP, tingkat pendidikan

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jbti

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Bhineka Tunggal Ika (BTI), p-ISSN 2355-7265, is an online peer-reviewed journal and aims to provide a forum for researchers, professionals, lecturer, and educational practitioners on all topics related to civics education or PPKn. Bhineka Tunggal Ika consists of high-quality technical manuscripts on ...