Kecerdasan logis-matematis yang dimiliki peserta didik belum berkembang dengan baik. Hal ini ditandai dengan siswa tidak dapat memenuhi indikator kecerdasan logis-matematis dalam menyelesaikan masalah matematika diantaranya kemampuan melakukan klasifikasi. Klasifikasi merupakan bahagian dari kecerdasan logis-matematis yang masih perlu mendapat perhatian guru dalam pembelajaran untuk dapat memaksimalkan hasil belajar siswa. Pendekatan pembelajaran yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan klasifikasi matematis siswa yaitu problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan klasifikasi matematis siswa dengan menggunakan pendekatan problem solving. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah enam orang siswa kelas VII-2 MTsN 4 Banda Aceh. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan klasifikasi matematis, dan lembar pedoman wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sebahagian besar (lima dari enam) siswa mampu memenuhi kemampuan klasifikasi matematis melalui pembelajaran dengan pendekatan problem solving. Implikasi penelitian ini yaitu guru hendaknya memperluas penerapan problem solving untuk dapat mengembangkan kemampuan klasifikasi matematis siswa. Kata Kunci: Kemampuan Klasifikasi Matematis, Pendekatan Problem Solving.
Copyrights © 2019