Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) merupakan salah satu pendekatan yang dibutuhkan dalam memecahkan masalah matematika di konteks realistik, misalnya kemampuan membuat denah. Namun kenyataannya, kemampuan siswa membuat denah sesuai indikator yang tepat masih rendah. Upaya guru membantu siswa untuk membuat denah dapat dilakukan dengan menerapkan pendekatan STEM pada materi perbandingan. Pendekatan STEM merupakan pendekatan dari seperangkat pembelajaran yang terdiri atas empat bidang, yakni Science, Technology, Engineering and Mathematics yang diterapkan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan siswa SMP membuat denah melalui pendekatan (STEM) pada materi perbandingan; 2) respon siswa melalui pendekatan STEM terhadap pembelajaran matematika pada materi perbandingan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMPN 2 Banda Aceh sebanyak 22 siswa. Untuk memperoleh data dilakukan dengan performance test dan angket respon siswa. Data hasil performance test dalam membuat denah dianalisis dengan rubrik penilaian berdasarkan PP RI Nomor 8 Tahun 2013 tentang ketepatan membuat denah. Hasil penelitian diperoleh dari 4 kelompok mengenai kemampuan siswa membuat denah yaitu 2 kelompok dikategorikan sangat baik dan 2 kelompok lainnya dikategorikan baik terhadap ketepatan dalam membuat denah, sehingga dapat dikatakan bahwa seluruh siswa kelas VII-3 telah mampu membuat denah. Sementara itu, respon siswa terhadap pendekatan STEM diperoleh bahwa 86,36% siswa menyatakan setuju untuk penerapan pendekatan STEM pada materi perbandingan khususnya membuat denah. Oleh karena itu, melalui pendekatan STEM merupakan solusi pendekatan yang dapat diterapkan pada pembelajaran matematika pada materi perbandingani. Kata Kunci: Denah, Kemampuan siswa , Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM).
Copyrights © 2019