Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2019): Februari 2019

Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning di Kelas VIII SMPIT Al-Azhar

Lia Devi (Unknown)
Anwar Anwar (Unknown)
Ellianti Ellianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2019

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu aspek yang penting dalam pembelajaran matematika. Namun, berdasarkan observasi peneliti di sekolah, siswa kurang berpikir kritis selama pembelajaran matematika. Hal tersebut dikarenakan guru belum memaksimalkan berpikir kritis selama pembelajaran matematika. Oleh karena itu, diperlukan upaya guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika.. Salah satu upaya guru untuk mengembangkan berpikir kritis siswa dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan jenis one-group pre-test and post-test group. Untuk mendapatkan data diambil sampel secara acak satu dari tiga kelas di SMPIT Al-Azhar, Banda Aceh. Instrumen yang digunakan adalah tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test), yang terdiri dari masing-masing 3 soal uraian berpikir kritis tentang materi sistem persamaan linear dua variabel. Selanjutnya digunakan uji t pihak kanan untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan pre-test dan post-test. Hasil pengolahan data diperoleh bahwa thitung = 21,44. Sementara itu, pada taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan dk = 23 diperoleh ttabel = 1,71. Oleh karena thitung = 21,44 1,71 = ttabel berakibat terjadinya penolakan H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMPIT Al-Azhar, Banda Aceh. Kata Kunci:         Berpikir Kritis, Model Discovery Learning.

Copyrights © 2019