VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 3, No 2 (2012): NOPEMBER

HUBUNGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PENDIDIKAN DENGAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA

Debora Korining Tyas (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang)
Rini Tri Wahyuni (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2019

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) untuk mengetahui kemampuan menulis teks berita pendidikan pada siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Sintang Tahun Pelajaran 2012/2013, 2) untuk mengetahui kemampuan berbicara pada siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Sintang Tahun Pelajaran 2012/2013, dan 3) untuk mengetahui hubungan kemampuan menulis teks berita pendidikan dengan kemampuan berbicara pada siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Sintang Tahun Pelajaran 2012/2013.  Peneliti menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan variabel bebas, yaitu kemampuan menulis teks berita pendidikan siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Sintang, sedangkan variabel terikat, yaitu kemampuan berbicara siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Sintang. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Sintang berjumlah 111 siswa dan sebagai sampel penelitian berjumlah 86 siswa. Untuk pengumpulan data, penelitian ini menggunakan alat pengumpul data, yaitu tes tertulis, praktik, lembar angket dan dokumen. Selanjutnya  dari tes kemampuan menulis teks berita pendidikan dan praktik kemampuan berbicara dianalisis menggunakan teknik analisis statistik korelasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) kemampuan menulis teks berita pendidikan di kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Sintang Tahun Pelajaran 2012/2013, yang diperlihatkan dari hasil tes tertulis kemampuan menulis teks berita pendidikan dengan rata-rata skor responden adalah sebesar 68,66, 2) kemampuan berbicara di kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Sintang Tahun Pelajaran 2012/2013, yang diperlihatkan dari hasil praktik kemampuan berbicara  dengan rata-rata skor responden adalah sebesar 67,36, 3) terdapat atau adanya hubungan rendah yang positif antara kemampuan menulis teks berita pendidikan dengan kemampuan berbicara pada siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Sintang Tahun Pelajaran 2012/2013 sebesar 0,37 (kategori rendah).Kata Kunci: Hubungan Kemampuan Menulis Teks Berita Pendidikan dengan Kemampuan Berbicara.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

VOX

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian dibidang pendidikan, pengajaran dan evaluasi belajar, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan solusi permasalahan bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran secara luas dan bermanfaat serta belum pernah ...