Laboratorium merupakan wadah dalam penunjang kelengkapan akademik dalam nenunjang pembelajaran sains khusus nya IPA, hal ini meliputi mata pelajaran fisika, kimia, biologi. Melihat penting nya hal tersebut dalam hal kwalitas dari pembelajaran tersebut, untuk itu di perlukan pengelolaan yang terstandarisasi baik dari ketersediaan peralatan laboratorium sekolah perlu perhatian khusus.berdasarkan pengamatan penulis  laboratorium  yang belum memenuhi standar baik dari guru maupun tenaga kependidikan yang di tunjuk sebagai pengelola laboratorium .keterkaitan dalam hal ini dianggap perlu dalam hal adanya pelatihan pengelolaan laboratorium tersebut, guna memperoleh keefektifan pengelolaan laboratorium yang menghasilkan keefektifan pembelajaran IPA yang dapat di lihat dari perencanaan, pengorganisasian,pelaksanaan,pengawasan dan evaluasi dari hasil ujian khusus nya bidang studi IPA dan lomba olyviade kreatifitas peserta didik.dalam hal ini penulis menggunakan kualitatif.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018