Berdasarkan hasil observasi siswa, Siswa tidak memperhatikan dalam memilih teman dalam bergaul dan gaya belajar matematika siswa kurang diperhatikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh teman sebaya dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika kelas VII SMP Muhammadiyah Pleret Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2012/2013 Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII Semester Genap sebanyak 3 kelas yang terdiri dari 99 siswa dan sampel pada penelitian ini diambil 1 kelas dengan teknik random sampling terhadap kelas diperoleh kelas VII B yang terdiri dari 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Untuk uji instrumen menggunakan uji validitas isi dan reliabilitas Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan teman sebaya dan gaya belajar matematika siswa dengan hasil belajar matematika, dengan persamaan regresi Ŷ = -26,055116 + 0,522676316 X₁ + 0,372093925 serta pada α = 5% koefisien korelasi ganda sebesar 0,45329823 dan koefisien determinasi sebesar 20,5% sedangkan sisanya 79,5% dipengaruhi oleh variabel lain.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019