Pengajaran IPS yang baik adalah pengajaran yang disesuaikan dengan kekhasan konsep atau pokok bahasan dan tingkat perkembangan berfikir siswa. Proses pengajaran IPS di sekolah-sekolah, khususnya di SD pada umumnya telah dilaksanakan secara maksimal, tetapi belum optimal. Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti mengajukan permasalahan sebagai berikut:1) Bagaimana perubahan terhadap kinerja guru SD Negeri 4 Karangpaningal setelah menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD? 2) Bagaimana perubahan terhadap keaktifan siswa Kelas VI SD Negeri 4 Karangpaningal setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD? 3) Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa Kelas VI setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD?. Prosedur penelitian tindakan ini terdiri dari 3 siklus dengan setiap siklus meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan analisis serta refleksi. Penelitian tindakan kelas ini berlokasi di SD Negeri 4 Karangpaningal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI tahun pelajaran 2009/2010. Adapun jumlah siswa sebagai subjek penelitian adalah 19 siswa yang terdiri dari 10 siswa putra dan 9 siswa putri. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian terhadap siswa kelas VI SD Negeri 4 Karangpaningal tahun pelajaran 2009/2010 pada mata pelajaran IPS pokok bahasan globalisasi melalui penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat disimpulkan sebagai berikut:1) Penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan kenerja guru dalam pembelajaran. 2) Keaktifan siswa dalam belajar menunjukkan adanya kenaikan. Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD melatih siswa berdiskusi, mengeluarkan pendapat dan melatih siswa bekerja dalam tim. 3) Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi siswa. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), IPS
Copyrights © 2015