SIGMA
Vol 4, No 2 (2019): SIGMA

PENALARAN ALJABAR MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH RELASI REKURSIF DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Nur Fitriyah Indraswari (STKIP PGRI Sumenep)
Lilis Mariyatul Fitriyah (STKIP PGRI Sumenep)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penalaran aljabar mahasiswa dalam menyelesaikan masalah relasi rekursif ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksploratif dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran aljabar mahasiswa dalam menyelesaikan masalah relasi rekursif ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian dimulai dengan pemberian tes kemampuan awal dan Group Embedded Figure Test (GEFT) untuk mendapatkan dua subjek penelitian yang masing-masing bergaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian tugas pemecahan masalah dan wawancara. Data dicek kevalidannya menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum subjek FI maupun FD sudah memenuhi ketiga indikator penalaran aljabar yaitu pencarian pola, pengenalan pola, dan generalisasi. Perbedaannya terletak pada ketelitian kedua subjek dan lama waktu yang dibutuhkan. Subjek FD memerlukan waktu relatif lebih lama jika dibandiingkan subjek FI.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal_sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal SIGMA diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura Pamekasan. Artikel yang dimuat meliputi tulisan tentang pembelajaran baik SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi dalam bentuk: Temuan Penelitian, pembelajaran bidang studi ...