Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar
Vol 3, No 1 (2019)

Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA

Dodi Adnyana, I Gusti Agung (Unknown)
Margunayasa, I Gede (Unknown)
Kusmariyatni, Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa kelas V SD yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Word Square  berbantuan media gambar dan  hasil belajar IPA siswa kelas V SD yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional di Gugus VII Kecamatan Seririt tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi eksperimen) dengan rancangan non equivalent posttest only control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus VII Kecamatan Seririt yang berjumlah 190 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas V SDN 4 Lokapaksa berjumlah 28 siswa dan kelas V SDN Umeanyar berjumlah 26 siswa. Sampel ditentukan menggunakan teknik random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Word Square berbantuan media gambar dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus VII Kecamatan Seririt. Hal ini ditunjukkan oleh thitung (9,143) > ttabel (2,021). Selanjutnya, rata-rata (mean) kelompok eksperimen (19,96) lebih besar daripada rata-rata (mean) kelompok kontrol (15). Dengan demikian, model pembelajaran Word Square berbantuan media gambar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus VII Kecamatan Seririt tahun pelajaran 2017/2018

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JISD

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (JISD) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan ...