Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Sumatera Barat. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa skor hasil pengukuran terhadap penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman melalui tes objektif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Sumatera Barat. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Dalam penelitian ini, ditetapkan mahasiswa sesi C yang berjumlah 25 orang. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji korelasi sederhana yang dimaksudkan untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Sumatera Barat. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil thitung>ttabel atau 4,67>1,71.
Copyrights © 2019