Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konsep atau penelitian yang sudah ada mengenai pengaruh penggunaan software akuntansi dalam pembelajaran mahasiswa guna menambah pengetahuan mahasiswa mengenai siklus akuntansi. Penelitian ini dilakukan dengan membuat eksperimen terhadap kelompok mahasiswa yang menempuh Akuntansi Keuangan Menengah I. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode uji beda. Penelitian ini menggunakan sampel berupa mahasiswa akuntansi Universitas Surabaya yang sedang mengambil mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah I. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebesar 236 mahasiswa. Temuan penelitian menunjukan bahwa software akuntansi tidak memiliki pengaruh terhadap penyerapan knowledge acquisition mahasiswa terhadap siklus akuntansi. Namun, persepsi mahasiswa mengenai relevansi software akuntansi dengan pekerjaan sangat kuat. Selain itu, ditemukan pula bahwa tidak ada perbedaan antara pria dan wanita dalam menyerap knowledge acquisition dan dalam persepsi mengenai relevance to accounting work dalam pengerjaan masalah akuntansi baik itu secara manual maupun dengan menggunakan software akuntansi.
Copyrights © 2016