Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara
Vol 6, No 2 (2019): Dinamika

KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KTP ELEKTRONIK OLEH BIDANG PELAYANAN PENDAFTARAN PENDUDUK DI KANTOR KECAMATAN SINDANGKASIH KABUPATEN CIAMIS

Fuji Tiaji (Unigal)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2019

Abstract

ABSTRAKBerdasarkan hasil observasi awal, dapat diketahui bahwa pembuatan KTP Elektronik diKantor Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis masih sering mengalami keterlambatanpenyelesaian permintaan masyarakat dan masih sering terjadi kesalahan-kesalahan dalampembuatan KTP Elektronik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitaspelayanan, hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi, dan upaya-upaya apa saja yang dilakukanoleh Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk dalam memberikan pelayanan penerbitan KTPElektronik di Kantor Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis.Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitianini sebanyak 13 (tigabelas) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studikepustakaan dan studi lapangan (observasi dan wawancara). Teknik pengolahan/analisis datadalam penelitian ini yaitu: reduksi data, penyajian data, triangulasi dan menarikkesimpulan/verification.Berdasarkan hasil penelitian Kualitas Pelayanan Pembuatan KTP Elektronik Oleh BidangPelayanan Pendaftaran Penduduk Di Kantor Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis;kualitas Pelayanan Pembuatan KTP Elektronik di kantor Kecamatan Sindangkasih dapatdikatakan belum cukup baik terlihat bahwa dalam pelaksanaan Pelayanan Pembuatan KTPElektronik tersebut masih terdapat kesalahan-kesalahan yang terjadi dan masih banyak keluhankeluhanyang dilontarkan oleh masyarakat selaku pemohon pembuatan KTP Elektronik.Hambatan-hambatan yang terjadi dalam proses pelayanan pembuatan KTP Elektronik tersebutdiantaranya berkaitan dengan sumber daya; sumber daya manusia, sumber dana, fasilitas dansarana prasarana yang ada di Kantor Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis. Adapun upayaupayayang dilakukan adalah dengan melakukan pengajuan penambahan pegawai, berikutmengoptimalkan penggunaan dana maupaun sarana-prasarana yang telah ada.Kata Kunci:Kualitas, Pelayanan Kualitas Pelayanan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

dinamika

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Dinamika merupakan media publikasi Karya Tulis Ilmiah di bidang Ilmu Administrasi Negara yang berada di lingkungan Program Studi Ilmu Administrasi Negara Universitas Galuh dengan ISSN: 2356-2269 (Print) dan eISSN: 2614-2945 (Online) yang mempublikasikan hasil penelitian mahasiswa dan ...