Media online Messenger seperti WhatsApp dan Line mempunyai peran yang besar sebagai media komunikasi antar karyawan di CV. Langgeng. Sebelumnya komunikasi antar karyawan masih menggunakan telepon biasa baik antara kantor dan gudang, tetapi oleh karena persoalan teknis seperti rusaknya telepon, komunikasi antar karyawan di kantor dan gudang menggunakan hp pribadi masing-masing karyawan dan menggunakan aplikasi chatting yaitu WhatsApp dan Line. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan media komunikasi whatsapp dan line messenger pada CV. Langgeng dan untuk mengetahui apa kelebihan dan kekurangan whatsapp dan line messenger terhadap efektifitas komunikasi berbasis messenger pada CV. Langgeng. Bentuk penelitian yaitu penelitian kualitatif dengan bentuk komparatif. Jenis data yang digunakan berupa data primer dan sekunder, sedangkan untuk metode pengambilan data penulis melakukan observasi, wawancara, penyebaran kuesioner, dan kajian pustaka. Variable yang digunakan adalah efek kognitif, afektif, dan konatif (behavioral).
Copyrights © 2019