J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan
Vol 4, No 1 (2019): MARET

Perancangan Game “Heroes Surabaya” Sebagai Edukasi Pengetahuan Sejarah Menggunakan Algoritma BFS Berbasis Android

Rudi Priyana (Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional)
Endah Tri Esti Handayani (Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional)



Article Info

Publish Date
23 May 2019

Abstract

Tokoh sejarah pasti dimiliki oleh setiap daerah tidak terkecuali di Indonesia. Berkurangnya minat masyarakat untuk mengetahui tokoh sejarah disebabkan kurangnya media yang menghibur dan mengedukasi. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan, penulis telah membuat game dengan genre TPS(Third Person Shooter) berbasis Android. Dalam merancang game ini penulis menggunakan metode perancangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan algoritma yang digunakan yaitu Breadth-First Search (BFS). Tujuan penelitian ini adalah membuat game edukasi menggunakan tampilan 3D dan mengenalkan tokoh sejarah pada user. Pembuatan game ini menggunakan software Unity Game Engine, Photoshop CC, Android Studio, Android SDK, dan Blender. Game ini dapat berjalan maksimal dengan spesifikasi minimal OS Android Kitkat 4.4 dan RAM 1GB.Kata Kunci : game, edukasi, sejarah, BFS, android

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

informatika

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan (JIMP) terbit 3 kali dalam satu tahun yaitu dibulan maret, agustus dan desember. Memuat tulisan ilmiah yang berhubungan dengan bidang teknologi informasi serta aplikasi teknik informatika. Jurnal JIMP terbitan berkala ini adalah hasil penelitian dari tugas akhir ...