Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9, No 1: Edisi Januari 2018

Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis matematis Siswa SMA Ditinjau Dari Self Efficacy

Hardianti Hardianti (Unknown)
Kodirun Kodirun (Unknown)
Lambertus Lambertus (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; mengetahui perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan menulis matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran TTW dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional; mengetahui perbedaan pengaruh antara penerapan model pembelajaran TTW dan penerapan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan menulis matematis siswa ditinjau dari Self efficacy. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Kendari.Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan random sampling.Data dianalisis dengan statistik inferensial dengan two way anova dan uji beda dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Secara signifikan rata- rata peningkatan kemampuan menulis matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran TTW lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata penningkatan kemampuan menulis matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional; terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran TTW dan penerapan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan menulis matematis siswa ditinjau dari self efficacy.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...