Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS)
Vol 2, No 1 (2019): Juni 2019

PENDAYAGUNAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI PASIRANGIN KABUPATEN SUKABUMI

Rifqi Zaeni Achmad Syam (Universitas Islam Nusantara)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2019

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pendayagunaan koleksi perpustakaan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN Pasirangin Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang: 1) Cara pendayagunaan koleksi perpustakaan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran; 2) Manfaat pendayagunaan koleksi perpustakaan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran; 3) Upaya yang dilakukan pustakawan, guru, dan kepala sekolah dalam memotivasi pendayagunaan koleksi perpustakaan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran; 4) Hambatan pendayagunaan koleksi perpustakaan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pustakawan, guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada dasarnya sumber informasi telah tersedia di perpustakaan tinggal didayagunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Secara keseluruhan dapat disimpulkan, bahwa pendayagunaan koleksi perpustakaan sekolah sangatlah penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan pemberdayaan sumber belajar, meningkatkan proses layanan pembelajaran di dalam dan di luar kelas.   ABSTRACT  The problem in this research is the untilization of the school library collections in improving the quality of learning in SDN Pasirangin. The aim of this study was to obtain data on: 1) How to the untilization of the school library collections in improving the quality of learning; 2) The benefits of the utilization of the school library collections in improving the quality of learning; 3) The efforts of librarians, teachers, and principals to motivate utilization of school library collections in improving the quality of learning; 4) Barriers utilization of the school library collections in improving the quality of learning. The method used in this study is a case study research method with a qualitative approach. Data Sources This study is librarians, teachers and principals. Data collected through observation, interviews, and documentation. The results showed that basically the resources already available in the library stayed utilized to improve the quality of learning. Overall it can be concluded that the utilization of the school library collections is crucial in improving the quality of learning, enhancing the empowerment of learning resources, improve the process of service-learning in the classroom and outside the classroom.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JILS

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS) is a refereed Journal of Library and Information Science of Universitas Islam Nusantara (e-ISSN: 2654-6469, p-ISSN: 2654-5144). Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS) published by Program Studi ilmu Perpustakaan dan ...