JBTI : Jurnal Bisnis : Teori dan Implementasi
Vol 10, No 1 (2019)

Pengaruh Festival Cap Go Meh Terhadap Peningkatan Pendapatan Pada Sektor Perdagangan dan Jasa Kota Singkawang

Atmojo, Singgih Tiwut ( Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mulia Singkawang)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari dilaksanakan Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, dan juga untuk melihat seberapa besar pengaruh dari dilaksakanya Festival Cap Go Meh tersebut khususnya pada sektor perdagangan dan jasa. Dimana diketahui Kota Singkawang yang merupakan salah satu kota tujuan wisata di Kalimantan barat. Pariwisata menjadi andalan di Kota Singkawang khususnya melalui Festival Cap Go Meh ini, sebagaimana diketahui pada perayaan Cap Go Meh sudah menjadi kegiatan budaya rutin yang selalau mampu mendatangkan wisatawan-wisatawan baik luar maupun dalam negeri. Penelitian ini menggunakan metode survey pada pelaku perdagangan dan jasa, sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang terbagi 90 orang pada sektor perdagangan dan 10 pada sektor jasa dengan proporsi 5 pada jasa hotel dan 5 pada jasa taxi (travel). Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukan: (1)Bahwa selama kegiatan festival Cap Go Meh berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan di sektor perdagangan dan jasa. (2)Selama kegiatan Festival Cap Go Meh peningkatan pendapatan di sektor perdagangan rata-rata sebesar 42,70%. (3)Selama kegiatan Festival Cap Go Meh peningkatan pendapatan di sektor jasa rata-rata sebesar 56%. (4)Pelaku usaha disektor perdagangan merasakan kenaikan pendapatan selama kegiatan festival Cap Go Meh selama 7 hari. (5)Pelaku usaha disektor jasa merasakan kenaikan pendapatan selama kegiatan festival Cap Go Meh selama 6 hari.Kata kunci : Pariwisata, Cap Go Meh, Perdagangan, Jasa

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bti

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis: Teori dan Implikasi (JBTI) merupakan jurnal ilmiah berkala (setahun dua kali). Tujuan utama jurnal ini adalah untuk mendiseminasi artikel ilmiah dalam bidang bisnis, yang memiliki fondasi teori dan implemetatif. Berkaitan dengan hal tersebut, artikel yang dipublikasikan harus ...