Edukasi: Jurnal Pendidikan
Vol 17, No 1 (2019): Edukasi: Jurnal Pendidikan

PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR

Fatmawati, Erni (Unknown)
Yuliatin, Ria (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) Rata-rata hasil belajar siswa menggunakan tipe Teams Games Tournament; (2) Rata-rata hasil belajar siswa menggunakan tipe Make a Match; dan (3) Perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara tipe Teams Games Tournament dan Make a Match. Metode penelitian eksperimen dengan bentuk penelitian quasi experimental design. Rancangan non equivalent control group design. Sampel berjumlah 55 siswa. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Rata-rata hasil belajar siswa menggunakan tipe Teams Games Tournament adalah 79,89; (2) Rata-rata hasil belajar siswa menggunakan tipe Make A Match adalah 84,52; dan (3) Perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara tipe Teams Games Tournament dan Make A Match menunjukkan nilai sig. sebesar 0,048. Dengan taraf kepercayaan 5% disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dan Make A Match terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Education

Description

EDUKASI: Jurnal Pendidikan is a Research Scientific Journal published two times a year by LPPM IKIP PGRI Pontianak with p-ISSN 1829-8702 (print) and e-ISSN 2407-1803 (online). The article contains the results of research and other scientific literature related to education, learning, science, ...