Journal of Japanese Language Education and Linguistics
Vol 1, No 1 (2017): Agustus - Januari

Analisis Wakamono Kotoba Dalam Acara Televisi New World Land SMAPXSMAP

Meisa, Wistri ( Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2017

Abstract

Sifat bahasa yang arbitrer dan dinamis menjadi salah satu faktor penyebab merebaknya wakamono kotoba di satu lingkup masyarakat. Wakamono kotoba memiliki karakteristik bahasa tersendiri, terutama dari asal-usul pembentukannya yang berupa pemendekan kata. Makalah ini membahas mengenai arti dan pembentukan wakamono kotoba yang muncul dalam acara televisi New Word Land SmapxSmap.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui memahami cara pemendekan wakamono kotoba dan arti kata dari wakamono kotoba yang muncul pada objek penelitian tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data yang muncul pada objek penelitian ditranskripkan kedalam tulisan lalu kemudian diidentifikasi serta diinterpretasikan berdasarkan arti dan proses pembentukan dari wakamono kotoba tersebut.Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa pembentukan daripada wakamono kotoba tidak terbatas pada pemendekan kata saja, tetapi juga terdapat beberapa kata yang memiliki pola pembentukan tersendiri, seperti pengkiasan dan simbol daripada kata aslinya ataupun penambahan mora/silabel sebagai penegasan kata. Adapun pemendekan kata yang terjadi pada umumnya adalah pelesapan silabel/mora hingga menjadi 3-4 suku kata seperti pada kata 「カラオケのともだち」menjadi「カラとも」. Sedangkan wakamono kotoba yang terbentuk dari pengkiasan salah satunya adalah「武田さん」 yang bermakna「徹夜する」dimana kata sebenarnya dihilangkan dan dikaitkan dengan nama seorang aktor yang memiliki nama bawah yang sama dengan kanji yang dimaksud (Takeda Tetsuya). Kata kunci: Wakamono Kotoba, Ryakugo

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jjlel

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of Japanese Language Education and Linguistics (JJEL) is an online journal, open access peer review journal, published twice a year every February and August. This journal is for all contributors who are concerned with research related to the study of Japanese language education and Japanese ...