Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ
Vol 6 No 2 (2019): Mei

Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Pelayanan Bank Syariah Melalui Pendekatan SERVQUAL

EFENDI, BAHTIAR (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2019

Abstract

Tingkat kepuasaan nasabah harus diperhatikan melalui kualitas pelayanan. Sehingga tujuan penelitian ini untuk menganalisis tingkat kepuasaan nasabah Bank dengan melihat beberapa pengaruh variable pelayanan. Sample dalam penelitian ini berjumlah 70 responden dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi pustaka, dan angket. Analisis data menggunakan uji reliabilitas, validitas, dan uji hipotesis korelasi serta menentukan koefisien determinasi.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan nasabah terhadap kualitas pelayanan Bank Syariah melalui pendekatan SERVQUAL adalah: Bukti Fisik (Tangible) sebesar 82%, keandalan (reliability) sebesar 74%, Daya tanggap (responsiveness) sebesar 78%, dan jaminan (Assurance) sebesar 80% dan Empati (emphaty) sebesar 70%. Berdasarkan hasil prosentase determinasi bahwa tingkat kepuasan nasabah sangat dipengaruhi oleh variable tangible karena lebih menunjukan kepercayaan nasabah terhadap mitra Bank tentang tampilan fisik, peralatan, dan berbagai komunikasi yang baik dan menarik serta variable paling tidak berpengaruh adalah empati karena hubungan baik dengan para nasabah yang bisa memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan ramah sudah menjadi budaya masyarakat dan bukan tujuan utama bermitra yang berorientasi financial bukan non financial.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ppkm

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNSIQ (Jurnal PPKM) merupakan media komunikasi dan desiminasi hasil-hasil penelitian, pengabdian, studi kasus dan ulasan ilmiah (terapan) bagi ilmuwan dan praktisi di bidang sains dan teknologi. Jurnal ini terbit pertama kali pada tahun 2014 dan ...