Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika
Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERSETING THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 1 KEPANJEN PADA MATERI PELUANG

Yuniartiningsih Yuniartiningsih (SMA Negeri 1 Kepanjen)
Toto Nusantara (Universitas Negeri Malang)
I Nengah Parta (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2017

Abstract

Fakta di dalam kegiatan pembelajaran matematika  di sekolah kurang memfasilitasi siswa mengembangkan kemampuan komunikasi matematis mereka. Hasil observasi pendahuluan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berseting think-talk-write untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Kepanjen pada materi peluang. Subyek dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas XI Bahasa tahun pelajaran 2014/2015. Data dikumpulkan dari hasil tes akhir tindakan, observasi tindakan guru dan siswa. Hasil analisis data siklus I menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berada dalam kriteria sangat baik, 85% siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal dalam kriteria baik dan skor rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat. Walaupun demikian, aktivitas siswa masih dalam kriteria cukup. Oleh karena itu, perlu diadakan siklus II. Hasil analisis data siklus II menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berada dalam kriteria sangat baik, aktivitas siswa dalam kriteria baik, 90% siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal dalam kriteria baik dan skor rerata  kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat. Berdasarkan hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berseting think-talk-write dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Kepanjen pada materi peluang.

Copyrights © 2017