Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana kemampuan koneksi matematis ditinjau dari self-confidence siswa , khususnya pada materi Program Linier. Subyek penelitian ini yaitu sebanyak 30 siswa kelas X SMKN 4 Pandeglang Jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya yaitu tes kemampuan koneksi matematis dan angket selfconfidence. Penelitian yang dilakukan dalam tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Secara keseluruhan kemampuan koneksi matematis siswa memperoleh rata-rata 65% yang termasuk dalam kategori cukup, 2) Siswa dengan self-confidence tinggi, rata-rata kemampuan koneksi matematisnya 86% yang termasuk kedalam kategori sangat baik, 3) Siswa dengan self-confidence sedang, rata-rata kemampuan koneksi matematisnya 63% yang termasuk kedalam kategori cukup, dan 4) Siswa dengan self-confidence rendah, rata-rata kemampuan koneksi matematisnya 47% yang termasuk dalam kategori kurang
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019