ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 2, No 1 (2019)

Analisis Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Confidence Siswa : Studi Kasus Di SMKN 4 Pandeglang

Nurafni, Atika (Unknown)
Pujiastuti, Heni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana kemampuan koneksi matematis ditinjau dari self-confidence siswa , khususnya pada materi Program Linier. Subyek penelitian ini yaitu sebanyak 30 siswa kelas X SMKN 4 Pandeglang Jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya yaitu tes kemampuan koneksi matematis dan angket selfconfidence. Penelitian yang dilakukan dalam tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Secara keseluruhan kemampuan koneksi matematis siswa memperoleh rata-rata 65% yang termasuk dalam kategori cukup, 2) Siswa dengan self-confidence tinggi, rata-rata kemampuan koneksi matematisnya 86% yang termasuk kedalam kategori sangat baik, 3) Siswa dengan self-confidence sedang, rata-rata kemampuan koneksi matematisnya 63% yang termasuk kedalam kategori cukup, dan 4) Siswa dengan self-confidence rendah, rata-rata kemampuan koneksi matematisnya 47% yang termasuk dalam kategori kurang

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

anargya

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

“Anargya: Jurnal Ilmiah Pedidikan Matematika” is a journal aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on mathematics education as well as related topics. All papers are ...