Speed : Journal of Special Education
Vol 3 No 1 (2019)

PENGARUH MEDIA BANGUN RUANG TIGA DIMENSI DAN GAMBAR TIMBUL TERHADAP KEMAMPUAN KONSEP GAMBAR TIMBUL SISWA TUNANETRA KELAS 1 DI SLB-A TPA JEMBER

purwoko mulyo Atmaja (PLB IKIP PGRI JEMBER)
Lailil Aflahkul Yaum (PLB IKIP PGRI JEMBER)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media bangun ruang dan gambar timbul terhadap Kemampuan konsep gambar timbul Siswa Tunanetra Kelas 1 Di SLB-A TPA Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) desain A-B. Subjek penelitian ini adalah siswa dengan inisial R. Penelitian dilakukan dalam 10 sesi pertemuan yang dilakukan pada dua fase yaitu fase baseline (A) sebanyak 5 sesi dan fase intervensi (B) sebanyak 5 sesi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh media bangun ruang tiga dimensi dan gambar timbul terhadap kemampuan konsep gambar timbul hal ini ditunjukkan dengan data nilai yang diperoleh pada fase baseline (A) adalah 33, 33, 33, 33, dan 42. Sedangkan pada fase baseline (B) antara lain 83, 83, 92, 92, dan 92. Dari dari data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil dari analisis data dalam kondisi dan antar kondisi menunjukkan bahwa mean level fase baseline (A) yaitu 34,8 sedangkan mean level pada fase intervensi (B) yaitu 81,8, serta selisih level perubahan dari fase baseline (A) sampai awal fase intervensi (B) meningkat (+41). Maka diketahui bahwa ada pengaruh penggunaan media bangun ruang tiga dimensi dan gambar timbul terhadap kemampuan konsep gambar timbul siswa tunanetra kelas 1 di SLB-A TPA Jember.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

speed

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences

Description

SPEED Journal : Journal of Special Education is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. SPEED Journal : Journal of Special Education provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild ...