Jurnal ini memperkuat penelitian dari Metawa S.A dan Almossawi M, yang berjudul“Banking Behavior of Islamic Bank Costumer: Perspectives and Implications, BankMarketing” (1998). Mereka menyimpulkan bahwa keputusan konsumen dalam memilihbank Islam didorong oleh faktor agama, di mana konsumen menekankan kepatuhanterhadap prinsip-prinsip Islam. Selanjutnya, keputusan juga termotivasi oleh faktor faktorkeuntungan, keluarga dan teman-teman, dan lokasi bank. Faktor-faktor tersebutselanjutnya dikaitkan dengan karekteristik responden seperti umur, pendapatan danpendidikan. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian, faktor utama yangmempengaruhi persepsi masyarakat terhadap pembiayaan murabahah di Bank MuamalatIndonesia cabang Pekanbaru, dapat disimpulkan bahwa faktor pribadi hanya ditunjukkanoleh pembiayaan murabahah berlandaskan moral dan saling percaya. Faktor lingkunganjuga hanya ditunjukkan oleh aksesibilitas pembiayaan murabahah cepat dan mudah.Masyarkat banyak memilih faktor obyek dalam mempengaruhi persepsi mereka terhadappembiayaan murabahah diantaranya adalah pembiayaan murabahah popular dimasyarakat, karyawan sangat professional dan dapat dipercaya, biaya administrasinyamurah, sikap karyawan ramah, simpati, dan murah senyum, sosialisasi dan promosipembiayaan murabahah telah mencapai seluruh lapisan masyarakat, promosi pembiayaanmurabahah diketahui lewat hubungan personal da kerabat, prosepek perkembanganpembiayaan murabahah sangat baik,informasi pembiayaan diketahui lewat media cetakdan televise.Kata kunci : Pembiayaan Murabahah, persepsi nasabah
Copyrights © 2017