Perguruan tinggi mempunyai tujuan umum menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas serta berdaya saing, salah satu ukuranya adalah tingkat prestasi akademik mahasiswa, hal tersebut tidak lepas dari faktor–faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar mahasiswa diantaranya berasal dari dalam (internal) yaitu fisik dan psikis serta dari luar (eksternal) yaitu lingkungan dan pelayanan. Faktor pelayanan dinilai penting oleh Universitas Kadiri, karena dengan mengetahui kinerja kualitas pelayanannya diharapkan mampu mempengaruhi kualitas lulusan sehingga memiliki kekuatan bersaing yang baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penilaian mahasiswa terhadap tingkat kinerja kualitas pelayanan di Universitas Kadiri serta pengaruhnya terhadap tingkat prestasi akademik mahasiswa melalui aplikasi model Regresi Logistik Multinomial. Metode purposive sampling, dengan 107 orang mahasiswa semester 6 di Universitas Kadiri sebagai responden. 25 atribut kualitas pelayanan sebagai variabel independen dan tingkat prestasi akademik mahasiswa sebagai variabel dependen. Dari hasil perhitungan total rata-rata tingkat kinerja kualitas pelayanan di Universitas Kadiri dengan nilai 3.13 secara umum dirasa cukup oleh mahasiswa. Hasil Odds Ratio menunjukkan saran perbaikan yang perlu dilakukan pada pelayanan adalah suasana belajar yang aktif dan menyenangkan di kelas, pelayanan konsultasi di luar Kegiatan Belajar Mengajar, serta memberikan motivasi sewaktu KBM & berorganisasi secara signifikan mampu mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa di Universitas Kadiri.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015