Al-Bayan: Jurnal Studi Al-Qur´an dan Tafsir
Vol 3, No 2 (2018)

KEEFEKTIFAN PROGRAM LITERASI ALQURAN DI SEKOLAH-SEKOLAH SWASTA NON-AGAMA DALAM KERANGKA PENGUATAN KARAKTER (KAJIAN DI JAWA BARAT)

Solehuddin Solehuddin (Dosen Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2019

Abstract

Pendidikan karakter dapat dimulai dengan literasi Alquran. Sangat tepat apabila dibangun suatu penelitian yang berdasarkan pada fakta di lapangan, yaitu di sekolah-sekolah non-agama di Jawa Barat secara kualitatif, bagaimana kondisi karakter para siswa yang mengikuti pengajian Alquran di Sekolah-sekolah Swasta Non-Agama di Jawa Barat dan mengetahui karakter pada siswa yang mengikuti pengajian Alquran di Sekolah-sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi karakter para siswa yang mengikuti pengajian Alquran di Sekolah-sekolah Swasta Non-Agama di Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan jenis data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam (deep-interview). Hasil penelitian literasi di sekolah-sekolah non agama d Jawa Barat berupa; pertama, Metode membaca Alquran siswa yang mengikuti Pengajian Al-Qur’an sudah sesuai dengan Syariat yang ditentukan, yaitu: 1) Mengikuti adab akhlaqiah membaca Alquran, diantaranya: a) Berwudhu sebelum membaca Alquran, b) Membaca ta’awudz ketika hendak membaca Alquran, c) Membaca Alquran dengan tartil, dan d) Berusaha semampunya untuk memahami ayat yang dibaca. 2) Mengikuti adab batiniah membaca Alquran, diantaranya: a) Memahami arti ayat yang dibaca, b) Akhlak ketika membaca Alquran, c) Hati yang mengagungkan Allah SWT, d) Hati yang menjungjung tinggi Alquran, e) Merasakan bahwa Allah sedang berbicara. Kedua, Kondisi karakter siswa putra di Sekolah Menengah Non-Agama di Jawa Barat yang mengikuti Pengajian Al-Qur’an secara bathiniah berada pada tingkat muthmainnah dan secara lahiriah berada pada kondisi karakter yang adaptif, komunikatif dan sosial. Ketiga, Peran membaca Alquran terhadap penguatan karakter siswa yang mengikuti Pengajian Al-Qur’an sangat besar dan memberikan dampak positif terhadap kondisi karakter siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Al-Bayan

Publisher

Subject

Religion

Description

Al-Bayan: Jurnal Studi Al-Qur'an dan Tafsir [2528-1054] is peer-reviewed journal dedicated to publish the scholarly study of Qur’an from many different perspectives. Particular attention is paid to the works dealing with: Qur’anic Studies, Qur’anic sciences, Living Qur'an, Qur’anic Stuides ...