Penelitian survey ini dilakukan di dua desa di kecamatan Cibeber yang merupakan wilayah penghasil beras pandanwangi. Dengan melibatkan 65 orang responden petani anggota Masyarakat Pelestari Padi Pandanwangi Cianjur (MP3C) diimplementasikan instrument penelitian yang berisikan empat variabel, yaitu Keaslian Beras, Mutu, Harga dan Kepercayaan Konsumen Beras Pandanwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi petani tentang pengaruh keaslian dan mutu beras terhadap harga dan kepercayaan konsumen beras pandanwangi. Data yang diperoleh diolah dengan tehnik analisis data Stuctural Equation Modeling (SEM) dan hasil analisis menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Petani responden memahami beras pandanwangi yang asli merupakan beras dengan kualitas yang tinggi, mutu beras berpengaruh kepada harga jual beras pandanwangi. Kualitas beras yang tinggi biasanya berkaitan dengan harga yang tinggi pula. Petani paham bahwa keaslian beras merupakan hal yang penting untuk membangun dan mempertahankan konsumen. Petani responden juga memahami bahwa secara bersama-sama, keaslian, mutu dan harga beras berpengaruh kepada kepercayaan konsumen.
Copyrights © 2017