Penelitian ini bertujuan mengetahui posisi persaingan operator GSM (GlobalSystem for Mobile Communications) berdasarkan preferensi konsumen di kalangan Mahasiswa Jurusan Matematika UNAND. Penelitian ini menggunakan alat analisis multivariat IPA dan MDS. Dengan menggunakan alat analisis multivariat Importance Performance Analysis (IPA) hasil penelitian yang diperoleh terlihat posisi atribut-atributdari masing-masing operator berdasarkan kuadran perbaikannya. Dengan menggunakanMulti Deminsional Scaling (MDS) hasil penelitian yang diperoleh terdapat perbedaan posisi masing-masing operator telepon seluler prabayar berdasarkan preferensikonsumen. Pada spatial map MDS menunjukkan bahwa posisi As dan Simpati yangbernaung pada perusahaan Telkomsel berada pada posisi yang berdekatan. ArtinyaAs dan Simpati memiliki kemiripan berdasarkan preferensi Mahasiswa MatematikaUNAND. As dan Simpati tidak memiliki kemiripan terhadap XL, Axis, IM3 dan Triyang terlihat dari posisi produk Telkomsel ini yang jauh dari operator lain. IM3, Tri danXL memiliki kemiripan yang terlihat dari posisi ketiga GSM ini yang berdekatan. Axisberdiri sendiri pada dimensi 1 negatif dan dimensi 2 negatif. Artinya Axis tidak memilikikemiripan terhadap operator GSM manapun.
Copyrights © 2014