JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia)
Vol 2, No 1 (2017): JPGI

Kontrol Diri Siswa dalam Belajar dan Persepsi Siswa terhadap Upaya Guru BK untuk Meningkatkan Kontrol Diri

Syilvina Sari (Universitas Negeri Padang)
Yusri Yusri (Universitas Negeri Padang)
Azrul Said (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2017

Abstract

Kontrol diri pada masa remaja sangat diperlukan dalam setiap aktivitas kehidupan, termasuk aktivitas belajar di sekolah. Kontrol diri yang baik dalam belajar di sekolah diperlukan agar siswa menjalani proses belajar dengan baik pula. Akan tetapi fakta di lapangan menunjukkan masih ada siswa yang  tidak mampu mengontrol dirinya saat proses belajar berlangsung seperti menggangu teman, siswa mudah terpengaruh untuk melakukan kegiatan yang menganggu aktivitas belajar seperti berbicara dengan teman sebangku, ke kantin saat proses belajar berlangsung, mencontek dan kegiatan lainnya yang berdampak tidak efektifnya proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontrol diri siswa dalam proses belajar di sekolah dan mengungkapkan persepsi siswa tehadap guru  BK untuk meningkatkan kontrol diri melalui aspek kontol perilaku, kognitif, keterampilan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang akan mendeskripsikan kontrol diri siswa dalam belajar di SMKN 10 Padang dan persepsi siswa terhadap upaya guru BK untuk meningkatkan kontrol diri. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI di SMKN 10 Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Stratified Random Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 78 orang siswa dan pengumpulan data  dengan menggunakan angket. Data dianalisis dengan teknik statistik yaitu rumus persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontrol diri siswa dalam belajar di sekolah pada aspek kontrol perilaku berada pada kategori sedang dengan jumlah persentase 60,26%,aspek kontrol kognitif berada pada kategori sedang dengan jumlah persentase 60,26%, aspek kontrol keputusan berada pada kategori sedang, dengan jumlah persentase 48,72% dan persepsi siswa terhadap upaya guru BK untuk meningkatkan kontrol diri berada pada kategori rendah dengan jumlah persentase 42%

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpgi

Publisher

Subject

Education

Description

JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) ISSN: 2541-3317 (for electronic version) 2541-3163 (for print version). JPGI is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that ...