Maker: Jurnal Manajemen
Vol 3, No 1 (2017): JUNI 2017

PENGARUH HARGA DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT SINAR SIANTAR SARI PEMATANGSIANTAR

Acai Sudirman (dosen)
Darwin Lie (dosen)
Efendi efendi (dosen)
Andy Wijaya (dosen)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Gambaran harga, ekuitas merek dan keputusan pembelian konsumen pada PT Sinar Siantar Sari Pematangsiantar. 2. Pengaruh harga dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT Sinar Siantar Sari Pematangsiantar baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian kepustakaan dan lapangan. Adapun populasi penelitian ini adalah konsumen PT Sinar Siantar Sari Pematangsiantar sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dilakukan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan ialah regresi linear berganda, koefisien korelasi dan determinasi, dan pengujian hipotesis dengan Uji F dan Uji t.Hasil pengujian regresi linear berganda adalah Ŷ = 18,842 + 0,502X1 + 0,455X2, artinya harga dan ekuitas merek berpengaruh positip terhadap keputusan pembelian pada PT Sinar Siantar Sari Pematangsiantar. Hasil analisis korelasi nilai r = 0,804 artinya terdapat hubungan yang sangat kuat dan positif antara harga dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT Sinar Siantar Sari Pematangsiantar. Kemudian nilai koefisien determinasi (KD) yaitu 0,646, yang artinya pengambilan keputusan pembelian konsumen dapat dijelaskan sebesar 64,6% oleh harga dan ekuitas merek. Hipotesis Ho ditolak, artinya harga dan ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT Sinar Siantar Sari Pematangsiantar baik secara simultan maupun parsial. Adapun saran dari penelitian ini adalah PT Sinar Siantar Sari Pematangsiantar perlu memberikan harga yang kompetitif, perlu adanya revitalisasi produk, dan perusahaan diharapkan mampu memberikan kualitas produk yang baik serta pelayanan prima yang memuaskan terhadap produk yang akan dibeli.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

maker

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Maker: Jurnal Manajemen merupakan media publikasi artikel ilmiah yang berisi tentang hasil penelitian bidang manajemen yang diterbitkan pada bulan Juni dan Desember dikelola oleh Program Studi Manajemen STIE Sultan ...