JOURNAL OF BUSINESS STUDIES
Vol 1, No 1 (2016)

Analisis Membangun Orientasi Pasar dan AdaptabilitasLingkungan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Melalui Competitive Advantage Dalam Mencapai Kinerja Pemasaran (Studi Pada UKM Produk Unggulan Sentra Batik Semarangan di Kota Semarang)

Nadia Dwi Irmadiani (Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2016

Abstract

Orientasi pasar sebagai filosofi bisnisdiartikan bagaimanaorganisasi mengimplementasikan konsep orientasi pasar terlihat dari aktifitas dan perilaku organisasi.Oleh karena itu, orientasi pasar merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap competitive advantage.Selain orientasi pasar, adaptabilitas lingkungan yaitu kemampuan, keluwesan dalam menangani perubahan dan tantangan yang terjadi dilingkungan eksternal, juga berperan dalam meningkatkan competitive advantage.Keunggulan bersaing adalah kemampuan perusahaan meraih keuntungan ekonomis diatas pesaing dalam industri yang sama. Kinerja pemasaran juga dipengaruhi lingkungan. Keberhasilan perusahaan dapat dilihat dari cara perusahaan menghadapi tekanan lingkungan menghadapi pasar kompetitif.Sehingga, dalam mendukung produk batik, perlu mempertimbangkan orientasi pasar dan adaptabilitas lingkungan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jbsuta

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Journal of Business Studies (JOBS) publish research paper specificity in the field of economic and business, SMEs or a study of local business in Indonesia. JOBS focus on national economic problems and corporate. The results of the study are expected to contribute to the national economic ...