Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol 12, No 1 (2019)

Pengaruh Penerapan Metode Think Pair Share Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Tunagrahita SMPLB Putra Mandiri Surabaya

Nawal Abdina Sandy (SMALB-B Karya Mulia Surabaya)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini akan membahas tentang Pengaruh metode Think Pair Share terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Tunagrahita SMPLB Putra Mandiri Surabaya. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan berbicara siswa tunagrahita yang menjadi subjek penelitian. Kurangnya keterampilan berbicara siswa tunagrahita ini disebabkan oleh beberapa factor yang juga akan dibahas dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain One-Group Pre-Test dan Post-test, yaitu pemberian tes sebelum pemberian perlakuan dan tes sesudah pemberian perlakuan. Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa yang mengalami ketunaan jenis tunagrahita, yaitu kurangnya kemampuan untuk berkonsentrasi dan lambat belajar di SMPLB Putra Mandiri Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus persentase dan T-Test. Hasil penelitian menyebutkan bahwa penerapan metode Think Pair Share memberi dampak positif terhadap keterampilan berbicara siswa tunagrahita SMPLB Putra Mandiri Surabaya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Stilistika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini menfokuskan pada publikasi hasil penelitian berupa artikel ilmiah tentang bahasa, sastra dan pengajaran Bahasa ...