Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol 11 No 1 (2018)

Keterbacaan Teks Non-Sastra Pada Buku Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 2013 dengan Formula Fry

Masyra’atul Zaim (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surabaya)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2018

Abstract

Keterbacaan  berkaitan  dengan  keseluruhan  unsur  yang  ada  dalam  teks  atau  materi  bacaan. Materi bacaan dalam suatu buku ajar harus selalu diperhatikan karena hal tersebut berpengaruh terhadap tingkat pemahaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  keterbacaan  teks  yang  terdapat  pada  buku ajar Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X (Kurikulum 2013) terbitan Erlangga, dengan fokus penelitian pada wacana non-sastra. Ada lima sampel wacana yang dihitung keterbacaannya menggunakan Grafik Formula Fry. 2 sampel diantaranya memiliki wacana yang sesuai dengan tingkatan kelas 5,6,7. 2 yang lainnya memiliki wacana yang sesuai dengan tingkatan kelas 7,8,9. Dan satu sampel yang benar-benar memiliki wacana sesuai dengan tingkatan kelas 10, 11, 12 SMA/MA. Dari hasil rata-rata perhitungan sampel wacana tersebut, buku ini masih memiliki keterbacaan yang tinggi untuk kelas setingkat SMA/MA. Sehingga dibutuhkan peran pengajar untuk selalu meneliti bahan ajar yang digunakan terutama teks bacaan agar sesuai dengan tingkatan kelas siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Stilistika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini menfokuskan pada publikasi hasil penelitian berupa artikel ilmiah tentang bahasa, sastra dan pengajaran Bahasa ...