Perspektif Komunikasi; Jurnal Ilmu Komunikasi dan Komunikasi Bisnis
Vol 3, No 1 (2019): Perspektif Komunikasi

MAKNA SIMBOL SENYUM PADA IKLAN LAY’S DI TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE)

Dudi Hartono (Prodi Digital Marketing Communication & Advertising Universitas Mercu Buana, Jakarta, Indonesia)
Asep Sugalih (Prodi Digital Marketing Communication & Advertising Universitas Mercu Buana, Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2019

Abstract

Persaingan makanan ringan yang ketat seperti keripik kentang menuntut produsen menggunakan cara-cara kreatif dalam beriklan. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh LAY’S. Brand ini menggunakan kemasan unik dengan visual  senyum.  Tak  hanya  digunakan  pada  kemasan,  visual  senyum  ini  kemudian  diterjemahkan  dalam  bentuk audio video dalam sebuah iklan televisi. Menjadi menarik untuk dikaji, bagaimana simbol senyum memberikan makna dalam relasi yang terjalin pada konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna senyum dalam  iklan  LAY’S  di  media  televisi.  Pendekatan  yang  digunakan  adalah  kualitatif  dengan  paradigma konstruktivis. Metode yang dipakai  yakni Semiotika Charles Sanders Peirce, dengan  mendasarkan pada Object, Representament  dan  Interpretant.  Data  diperoleh  dengan  cara  melalui  pengamatan  dan  analisis  konten,  serta ditambah dengan pengumpulan melalui studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap orang harus bisa tersenyum dalam keadaan bagaimanapun. Senyum merupakan tanda awal ketulusan hati yang lebih berharga dari sebuah hadiah. Makna senyuman bisa dilihat dari raut wajah sesuai dengan senyumannya. Walaupun dalam iklan  tersebut  terlihat  ada  senyuman  palsu  atau  pura-pura,  akan  tetapi  hal  tersebut  merupakan  salah  satu  cara untuk mendapatkan hubungan yang baik dengan orang lain.Kata Kunci: Makna Senyum, Iklan Televisi, Semiotika Charles Sanders Peirce

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Focus and Scope Perspektif Komunikasi focuses on writings that contains research and contemporary thinking in the field of Communication Studies in various perspectives and angles include: 1. Political Communication, features cutting-edge theory-driven empirical research at the intersection of ...